Cara Investasi Emas di Pegadaian

Cara Investasi Emas di Pegadaian Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Cara Investasi Emas di Pegadaian menjadi pilihan banyak orang, karana ini merupakan salah satu cara investasi yang aman dan menguntungkan. Karena dengan memiliki emas, kita bisa memiliki investasi yang bisa menjaga nilainya ketika terjadi inflasi. Dan salah satu cara investasi emas yang bisa kita lakukan saat ini adalah investasi emas di Pagadaian. Tapi bagaimana cara investasi emas di Pegadaian yang menguntungkan untuk pemula?

Cara Investasi Emas di Pegadaian Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Cara investasi emas di pegadaian bisa dilakukan dengan cara menabung emas di pegadaian. Menabung emas dipegadaian ini adalah cara membeli emas dalam bentuk logam mulia 24 karat dengan cara yang lebih mudah. Karena kamu bisa membeli emas batangan 24 karat dengan cara menyicilnya.

Dengan metode menabung emas, kamu bisa menyetorkan uang berapapun yang kamu miliki untuk ditabung ke tabungan emas Pegadaian. Nantinya uang tabungan emas yang kamu kumpulkan akan dikonversikan menjadi gram emas yang disesuaikan dengan harga emas 24 karat saat kamu menabung.

Saldo tabungan emas di Pagadaian jika sudah terkumpul, nantinya juga bisa dicairkan dalam bentuk uang tunia, ataupun ditarik dalam bentuk emas batangan fisik. Dan harga emas 24 karat yang diberlakukan saat penarikan juga disesuaikan dengan waktu penarikan atau pencairan uang.

Jadi jika saat ini menurut kamu membeli emas batangan terlalu mahal, maka menabung emas di Pegadaian bisa menjadi solusi yang terbaik. Karena kamu tidak perlu membeli emas batangan sekaligus, kamu cukup menabung emas mulai dari 0,01 gram sampai 100 gram per hari di Pegadaian.

Syarat Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

Jika kamu tertarik dengan cara investasi emas di pegadaian dengan sistem menabung emas. Kamu juga harus mengetahui syarat membuka tabungan emas di pegadaian. Berikut ini ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan untuk bisa membuka tabungan emas di Pegadaian :

  • Kartu Identitas seperti KTP/Paspor
  • Mengisi formulir pendaftaran rekening tabungan emas di Pegadaian
  • Membayar biaya administrasi dan transaksi pembukaan rekening tabungan emas pegadaian

Cara Membuka Rekening Tabungan Emas di Pegadaian

Cara investasi emas di pegadaian bisa kamu lakukan dengan membuka tabungan emas dengan langkah berikut :

  1. Silahkan kamu datang langsung ke kantor cabang Pegadaian terdekat dari kota tempat tinggalmu
  2. Siapkan syarat dan dokumen yang dibutuhkan seperti disebutkan di atas
  3. Isi formulir pembukaan rekening dengan lengkap dan benar
  4. Membayar biaya pendaftaran Rp 10 ribu dan biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan sebesar Rp 30 ribu
  5. Kemudian Kamu akan mendapatkan buku Tabungan Emas dari Pegadaian

Dan kamu sudah bisa menabung emas rutin di Pegadaian setiap bulannya dengan membawa buku tabungan emas dan menyetorkan langsung ke Pegadaian uang yang ingin ditabung.

Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian Digital

Selain kamu bisa membuka tabungan emas di pegadaian dengan mendatangi kantor Pegadaian. Kamu juga bisa membuka rekening tabungan emas di Pegadaian Digital, langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kamu silahkan download aplikasi Pegadaian Digital di HP Android
  2. Setelah itu, buka aplikasinya dan lakukan pendaftaran online dengan mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas di aplikasi Pegadaian Digital.
  3. Sertakan juga foto identitas seperti KTP/Paspor dalam proses pendaftaran.
  4. Lalu kamu juga harus memilih kantor Pegadaian yang ingin kamu pilih untuk mengambil buku tabungan emas.
  5. Setelah pendaftaran rekening tabungan emas selesai, kamu bisa mengambil buku rekening tabungan emas digital di kantor cabang yang sudah kamu pilih.

Ketentuan Menabung  Emas di Tabungan Emas Pegadaian

Ketika kamu ingin menabung emas di tabungan emas Pegadaian, setiap setoran tunai atau top up yang kamu lakukan akan memiliki ketentuan sebagai berikut :

  • Kamu bisa mulai menabung emas pertama kali dengan minimal mulai dari 0,01 gram di kantor Pegadaian langsung, Rp 50 ribu untuk pembukaan rekening di aplikasi Pegadaian Digital, Rp 70 ribu untuk pembukaan Tabungan Emas Pegadaian Syariah Digital dan Rp 57.500 ketika menabung emas pertama kali di Agen Pegadaian.
  • Jika kamu ingin mencetak emas batangan dari hasil yang sudah kamu tabung, kamu bisa melakukanya ketika total gram sudah 1, 2, 5, 25, 50 dan 100 gram. Dan setiap cetak emas akan dikenakan biaya cetak emas berbeda-beda sesuai dengan gram dan jumlah.
  • Cetak emas batangan hanya bisa dilakukan di kantor cabang tempat kamu membuka rekening.
  • Saat mencetak emas, kamu harus membawa buku tabungan emas dan KTP.

Jadi itulah tadi penjelasan tentang cara investasi emas di pegadaian secara offline dan online yang bisa kamu ketahui.