Investasi Murah dan Halal

Jenis-Jenis Investasi Murah dan Halal Dengan Modal Kecil

Investasi Murah dan Halal saat ini ketika kita melihat platform investasi, kebanyakan adalah investasi konvensional, sehingga kehalalan investasi masih dipertanyakan. Tetapi, tenang saja karena saat ini di Indoneia kamu sudah bisa menemukan beberapa jenis investasi murah dan halal dengan modal kecil.

Sehingga untuk kamu yang ingin menjalankan investasi yang tetap mengutamakan prinsip syariah. Kamu bisa memilih jenis investasi syariah yang ada di Indonesia saat ini. Sehingga nantinya keuntungan investasi yang kamu lakukan akan terhindar dari riba.

Jenis-Jenis Investasi Murah dan Halal Dengan Modal Kecil

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis investasi murah dan halal dengan modal kecil cocok untuk pemula yang ingin berinvestasi di investasi syariah. Karena semua jenis investasi dalam daftar ini adalah investasi syariah yang dijalankan tanpa adanya riba dan menerapkan hukum syariah yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

1. Sukuk Tabungan

Jenis investasi murah dan halal pertama dalam investasi syariah yang bisa kamu pilih adalah Sukuk Tabungan atau dikenal juga dengan Obligasi Syariah. Sukuk adalah sebuah surat berharaga yang berbentuk surat pengakuan utang yang diterbitkan sesuai dengan prinsip syariah yang diterbitkan oleh negera atau perusahaan. Dan surat pengakuan utang ini akan ditawarkan ke calon pemegang sukuk/obligasi.

Pemiliki sukus/obligasi syariah akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil yang dilakukan secara berkala. Tetapi, saat ini masih jarang investor yang tertarik berinvestasi di sukuk. Hal ini dikarenakan tingkat pengembalian dari investasi sukuk yang kecil. Tetapi bagi investor yang tertarik dengan investasi sukuk bisa mencari bank syariah yang menawarkan jenis investasi ini. Atau kamu juga bisa mencari aplikasi dan platform investasi yang menyediakan sukuk.

2. Deposito Syariah

Jenis investasi murah dan halal selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah deposito syariah. Konsep atau cara kerja deposito syariah mirip dengan bank konvensional. Tetapi deposito syariah menggunakan prinsip bagi hasil yang ditentukan berdasarkan persentase. Sebagai contoh, deposito syariah 12 bulan di Bank Syariah ABC memiliki persentase bagi hasli 45%-55%. Maka artinya keuntungannya akan dibagikan 45% untuk investor dan 55% untuk pihak bank.

Deposito adalah salah satu jenis investasi yang cocok dilakukan untuk investor pemula yang baru belajar investasi. Karena deposito sendiri konsepnya sama seperti menabung, jadi investor pemula tidak perlu memikirkan banyak hal agar investasinya dapat untung. Karena keuntungan sudah diketahui sejak awal ingin melakukan investasi di deposito syariah berdasarkan persentase.

3. Reksa Dana Syariah

Jika kamu pernah tertarik dengan reksadana, tetapi kamu khawatir jika keuntungan didapatkan dari hasil riba. Maka saat ini sudah banyak reksadana syariah yang bisa kamu pertimbangkan untuk diikuti. Sistem reksadana syariah sama dengan reksadana konvensional, yang memebdakan adalah sistem penerapannya akan menggunakan sistem syariah. Jadi manager investasi hanya akan menginvestasikan dana investor di jenis instrumen investasi syariah yang ada di efek.

4. Emas

Kemudian kamu juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan investasi murah dan halal dengan berinvestasi emas. Tetapi dalam investasi emas, kamu harus menggunakan prinsip investasi syariah agar hasil keuntungan investasi terbebas dari riba. Selain itu, investasi emas sangat cocok dipilih oleh investor pemula, karena investasi ini memiliki risiko yang rendah. Jadi ini adalah pilihan investasi syariah yang aman, karena nilainya terjamin aman dari tahun ke tahun.

5. Saham Syariah

Selain itu, kamu juga bisa menanamkan modal investasi kamu ke investasi saham syariah. Karena di bursa efek Indonesia, kamu tidak hanya bisa membeli saham-saham dari perusahaan konvensional saja. Karena sudah ada daftar perusahaan yang menjual sahamnya dengan prinsip syariah.

Tetapi hal yang perlu kamu perhatikan saat berinvestasi saham syariah adalah risikonya. Jadi baik saham syariah ataupun saham konvensional keduanya memiliki risiko investasi yang tinggi. Karena itu, kamu harus memiliki ketrampilan dan keahlian dalam menjalankan investasi syariah sebelum kamu benar-benar berinvestasi dengan modal besar.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang jenis-jenis investasi murah dan halal yang cocok untuk pemula dan investasi ini juga sudah dijalankan berdasarkan prinsip syariah sesuai ajaran agama Islam.